Kamis, 28 Mei 2009

Hidup ini bagaikan makan di Restoran (bagian 1)

Hidup ini bagaikan makan di Restoran (bukan sebuah puisi) Bila kita datang ke restoran maka kita akan memesan makanan, menuggu dan akhirnya pesanan kita akan datang untuk kita santap Apa yang kita santap sekarang adalah hasil dari pesanan kita sebelumnya Dalam hidup, apa yang kita alami sekarang adalah hasil dari ”pesanan” yang kita buat kemarin, minggu lalu, bulan lalu atau tahun lalu Bagaimana cara kita memesan ? apa yang menyebabkan cepat atau tidaknya pesanan itu datang ? mengapa ”menurut kita” pesanan sering tidak sesuai ”keinginan” kita ? Setiap hari kita melakukan ”pemesanan” baik sadar maupun tidak sadar lewat UCAPAN, PIKIRAN, KATA HATI (SELF TALK) dan CITRA DIRI ”Pesanan” itu akan datang kepada kita nanti, besok, minggu depan, bulan depan atau mungkin beberapa tahun lagi Riset menyebutkan manusia memiliki 60.000 pikiran setiap hari. Bisa dibayangkan betapa sulit dan mustahilnya membuat semua pikiran itu positif. (buku : Quantum Ikhlas, hal. 97, Erbe Sentanu) Deepak Chopra dalam salah satu bukunya mengatakan setiap hari kita berbicara 55.000 – 65.000 kali dengan diri kita sendiri. (buku : The Secret of Mindset, hal. 80, Adi W. Gunawan) “Pesanan” kita bisa berupa pesanan yang baik atau buruk, positif atau negatif, tergantung dari Ucapan, pikiran, self talk dan citra diri kita saat memesan. ”Pesanan” kita bisa cepat datang atau lambat datang, tergantung dari Emosi (positf atau negatif) yang menyertainya saat kita memesan. INTROSPEKSI DIRI Setiap hari kita ”memesan hidup” dengan ucapan, pikiran dan self talk seperti : Aduh .... masih ngantuk nih, capek banget ... Waduh serem ya ... ada demo dimana-mana ... Pengendara motor / mobil itu gak tahu aturan kali ya .... Orang itu ngeselin banget sih Aku merasa di dholimin nih ... Pasti saya tidak bisa deh menyelesaikan tugas ini ... Lagi krisis nih, pasti apa-apa mahal dan susah deh ... Setelah seharian bekerja, rasanya capek banget nih ... Negeri ini sudah rusak ya, dimana-mana ada korupsi ... Orang itu memang tidak tahu diri, buang sampah sembarangan ... Sok tahu amat sih orang yang nulis ini ... dll ... atau kita ”memesan hidup” dengan Citra Diri seperti : Saya orang yang gagal Saya orang susah Saya sulit berhasil Saya sudah mentok Saya kurang PD Saya sulit berkembang Ilmu saya hanya segini Saya terlalu tua s/d 55.000 pikiran lainnya ( waow ... banyak ya ...) Maka pesanan yang akan datang dalam hidup kita mungkin adalah : Rasa capek, stress, takut, kesal, marah, sedih, tidak mampu, pesimis, jengkel, kuatir, kecewa, rasa bersalah, mengeluh, tidak puas, sempit, kekurangan, dll () Dan kejadian-kejadian itu akan terus berulang dan berulang datang kepada Anda karena Anda telah ”memesannya” ATAUKAH ....... (bersambung)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mitra Inspira Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template