Selasa, 03 Februari 2009

Profesi-Profesi Masa Depan

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, perkembangan sosial politik serta ekonomi di Indonesia mengalami perubahan yang sangat dahsyat yang sedikit banyak mengubah peta dunia kerja dan profesi-profesi yang “most wanted” di Indonesia. Selain itu era digital juga telah menyumbangkan informasi bak banjir tak terbendung bagi masyarakat dan telah melahirkan beragam jenis profesi baru yang seringkali mampu menyingkirkan aspek-aspek formal sebuah pekerjaan. Profesi di masa depan bisa jadi akan sangat berbeda dengan definisi profesi yang ada hari ini.
Disamping profesi-profesi konvensional yang memang sudah terbukti memberi penghasilan begitu tinggi pada pelakunya, misalnya dokter kandungan, senior engineer (untuk beberapa bidang khusus seperti pertambangan, telekomunikasi yang banyak dicari dan laku keras di Timur Tengah), bidang keuangan (financial planner, investment banker), muncul pula sederet profesi baru yang diburu oleh kaum muda Indonesia. Sebut saja profesi di media elektronik sebagai host, pembaca berita, reporter tv atau pun pemain film dan sinetron dengan menjamurnya banyak stasiun tv dan production house. Profesi lain yang tampaknya juga menjadi incaran adalah anggota legislatif. Saya kurang paham apakah karena profesi ini dapat menyalurkan aspirasi politik seseorang ataukah karena remuneration package seorang anggota dewan legislatif benar-benar mengiurkan. Informasi yang saya kutip dari talk show dengan salah seorang anggota legislatif partai tertentu, menyebutkan bahwa anggota DPR RI menerima gaji empat puluh dua juta perbulan… wew…..
Profesi lain yang banyak di lirik adalah bidang IT. Namun selain IT Programmer atau help desk yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan, muncul pula self employeed profession di bidang IT sebagai game designer atau web designer dengan maraknya website resmi sebuah organisasi atau blog pribadi. Kategori self employeed juga bertambah dengan munculnya toko-toko online yang menjual berbagai produk, mulai dari elektronik, home assecories, pakaian, sepatu, buku, dll.
Berdasarkan data dari INC, media bisnis paling terkemuka di Amerika, ada 10 bisnis yang prospeknya paling menjanjikan hingga lebih dari 10 tahun mendatang, dan yang berada di urutan pertama adalah Internet bisnis, termasuk data prosesing dan jasa informasi lainnya. Berkaca dari data di atas, tidak heran ketika diadakan Pesta Blogger 2008 lalu, salah satu contoh pemilik blog yang sukses adalah seorang ibu muda yang awalnya curhat di blog pribadinya dan berbagi pengalaman dengan orang tua lain mengenai kondisi putranya. Di blog tersebut dipasang sebuah iklan kerudung yang tidak menyolok, siapa sangka saat ini omset penjualan kerudung melalui blog tersebut sudah mencapai 4-5 juta/hari! Waw……. Itu kan artinya omzet sebulan mencapai... ah hitung sendiri saja deh.
Bisnis internet memang sangat menggiurkan, salah satu pelakunya yang mendulang sukses tidak hanya di Indonesia namun juga keahliannya diakui di manca negara adalah Anne Ahira, perempuan muda kelahiran Bandung. Ia mengelola The Best Affiliate Newsletter yang dibaca 46.000 profesional internet marketer di 120 negara, menulis ebook “30 Days to Internet Marketing Success” dengan harga $97 dan diakui sebagai ebook Internet Marketing terbaik di dunia sepanjang kurun 2003-2004. Selama tujuh tahun menggeluti internet marketing, telah menjadikan Anne Ahira sebagai salah satu TOP 10 Super Affiliate kelas dunia dengan penghasilan ribuan dollar perhari. Perhari !
Dapat disimpulkan, semua profesi di atas tergolong spesifik dan memiliki keahlian khusus yang kemudian dikembangkan menjadi seorang spesialis di luar jalur sekolah formal. Jadi kalau Anda saat ini masih berstatus mahasiswa dan setelah lulus berkeinginan bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan tanpa sebuah perencanaan karir yang spesifik, aduh, kapan kayanya?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mitra Inspira Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template