Senin, 26 Januari 2009

Pakaian Saat Wawancara Kerja

Aha… akhirnya saat wawancara telah tiba. Anda siap berangkat dengan pakaian yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Salah satu faktor penentu keberhasilan interview adalah kesan pertama yang ditangkap interviewer melalui pakaian yang Anda kenakan.
Bila memungkinkan, galilah informasi mengenai lingkungan tempat Anda akan bekerja. Mungkin Anda mempunyai kenalan yang sudah bekerja disana, atau observasilah karyawan kantor tersebut dari kejauhan, Anda juga dapat menanyakan langsung pada bagian Human Resources pakaian apa yang sebaiknya Anda kenakan saat interview berlangsung. Untuk keperluan interview, saran saya adalah, meski Anda berjiwa independen dan kreatif, namun pilihlah model busana yang konservatif saat menghadiri interview, karena pemilihan pakaian harus mencerminkan keseriusan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.
Untuk pria, pakaian standar yang digunakan adalah kemeja lengan panjang atau pendek dengan warna-warna netral yang serasi dengan warna celana panjangnya, sepatu hitam yang disemir rapi dengan kaus kaki hitam atau biru tua. Jika perlu mengenakan dasi, pilihlah motif dasi yang konservatif atau jaket yang sesuai dengan warna celana.
Bagi wanita, kenakan rok selutut, boleh lebih panjang sedikit namun hindari rok diatas lutut. Anda juga dapat mengenakan celana panjang berpipa lurus dengan blus yang serasi, disertai cardigan atau blazer. Jika mengenakan jilbab, gunakan model yang ringkas dengan warna yang serasi dengan blazer. Gunakan asesoris sederhana disertai make up natural. Pilih disain sepatu yang sederhana dan sebaiknya tidak terlalu terbuka. Hindari parfum pada saat interview karena jenis parfum yang Anda pilih belum tentu sesuai dengan selera orang lain. Bisa berbahaya jika interviewer sensitif pada bau-bauan yang menyengat. Namun demikian, penggunaan deodoran dengan sedikit percikan cologne akan menyegarkan kehadiran Anda setelah sekian jam berdesakan di dalam busway!

1 komentar:

Ummi Irawan on 28 Januari 2009 pukul 13.33 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

 
Mitra Inspira Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template