Jumat, 06 Februari 2009

Bisnis Melalui Internet, Mengapa Tidak?

Walaupun tidak dilahirkan dalam sebuah keluarga pengusaha, mungkin anda pernah memikirkan pada suatu saat ingin memiliki bisnis sendiri. Jutaan orang memiliki mimpi ini namun hanya sedikit yang berhasil mewujudkannya, tidak hanya terkendala oleh keberanian dan modal usaha, namun juga terbatasnya pengetahuan dan informasi mengenai ide-ide bisnis yang mungkin dapat memberi peluang seperti yang diharapkan. Salah satu bisnis yang saat ini berkembang pesat di Indonesia adalah bisnis melalui internet. Ini sebenarnya bisnis biasa, hanya dijalankan atau dipasarkan melalui internet. Pemilik bisnis pada umumnya memiliki website atau blog untuk mendisplay atau memamerkan barang dan jasa yang ditawarkan. Sementara itu calon klien dan peminat dapat melihat-lihat tokonya secara online.
Beberapa kelebihan bisnis melalui internet
1. Pasar yang Luas Dengan internet anda dapat memasarkan produk anda ke seluruh dunia. Meski ada batasan dalam kemampuan pengiriman produk atau jasa, namun jika mau anda bisa memperoleh klien dari seluruh dunia.
2. Promosi murah Promosi di internet dapat dilakukan dengan anggaran yang minim, misalnya memasang banner di website tertentu yang memiliki traffic atau pengunjung tinggi, selain itu juga ada tempat-tempat promosi secara gratis.
3. Modal relatif kecil Tidak memerlukan toko atau kantor khusus. Follow up penjualan melalui imel sehingga tidak perlu datang mengunjungi klien anda.
4. Sistem yang dapat bekerja 24 jam Sehari Dengan sistem website dan autoresponder, anda memiliki toko yang buka 24 jam sehari. Bayangkan toko konvensional yang hanya buka mulai pukul 10.00 – 21.00.
5. Dapat dijalankan secara paruh waktu Bisnis ini dapat dilakukan di waktu luang anda, paling tidak sebelum bisnis ini mulai berkembang dan anda akhirnya memutuskan untuk mendedikasikan waktu anda sepenuhnya guna membesarkannya.
Cara Kerja Misalnya anda hobi merangkai bunga, namun untuk membuka sebuah toko bunga di tempat yang strategis terkendala oleh mahalnya sewa tempat, selain itu sebagai ibu rumah tangga anda tidak bisa fulltime menunggu toko tersebut karena harus mengantar jemput anak anda ke sekolah. Anda lalu membuat website untuk mempromosikan dan menjual karangan bunga anda. Jika ada pengunjung website yang tertarik dengan produk anda, mereka dapat mengirim imel pemesanan bunga pada waktu dan jam yang telah disepakati, dengan demikian anda pun dapat sepenuhnya mengatur jam kerja anda tanpa harus menunggui pelanggan layaknya seperti toko bunga konvensional.
Jenis-jenis Bisnis Internet Ada banyak jenis bisnis yang dilakukan melalui internet yang dapat anda jalankan. Jika anda tidak memiliki produk untuk dijual, anda bisa menjalankan affiliate marketing atau ada juga bisnis network marketing. Affiliate marketing adalah anda menjual produk orang lain, anda akan menerima fee jika berhasil melakukan penjualan. Sedangkan Network marketing, selain mendapatkan fee dari barang yang anda jual, anda juga akan mendapatkan fee dari jaringan yang berhasil anda bangun. Ketentuan bisnis dan bonus yang diterima sangat beragam tergantung jenis bisnis dan produk yang anda pilih.
Bisnis internet sendiri tergolong baru di Indonesia, menurut www.apjii.or.id (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indoensia), pemakai internet di Indonesia pada 2004 ada 11 juta orang. Dan diperkirakan akan naik menjadi 16 juta pemakai pada akhir 2005. Sementara itu berdasarkan data tahun 2007, kepemilikan komputer naik 3 juta setiap tahunnya. Bagaimana kenaikannya di tahun 2008? Berdasarkan Sumber dari internetworldstats.com data update 30 Juni 2008, jumlah pengguna internet di Indonesia menduduki peringkat ke 5 di Asia. Wuih…
Promosi bisnis melalui internet sendiri tidak hanya sebatas mendirikan website atau blog pribadi, namun juga dapat mempromosikan produk anda melalui website lain ataupun menggunakan Facebook yang sedang ngetren. Ini membuktikan bahwa semakin banyak orang yang mengandalkan internet untuk meningkatkan pendapatan dan bisnisnya. Menarik bukan?
Dikutip dari : Tanya Jawab Internet Marketing dengan Dini Shanti, Majalah Wira Usaha dan Keuangan, Februari 2007.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mitra Inspira Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template