Minggu, 08 Februari 2009

Job Hunting : Langkah-Langkah Sebelum Menghadapi Wawancara Kerja (1)

Menghadapi wawancara terkadang gampang-gampang susah. Seringkali anda menjumpai pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga. Jangan khawatir, yang merasa sulit bukan hanya anda, saya juga menjumpai beberapa kesulitan sebagai interviewer. Tak lain jika interviewee atau orang yang saya wawancara tidak kooperatif atau tidak dapat menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Saya akan memberikan beberapa trik disini agar anda dapat tampil memukau, kalau perlu membuat interviewer jatuh cinta pada kompetensi maupun unjuk kerja anda. Perlu diingat, informasi saya ini sebaiknya dipersiapkan jauh hari sebelum undangan wawancara itu mampir di hp anda. Tidak ada tips disini yang sifatnya instant.
Identifikasi Kompetensi yang Disyaratkan oleh Posisi yang Anda Incar Kompetensi itu sendiri adalah karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang individu di posisi tertentu agar ia dapat melakukan tugasnya secara efektif. Kompetensi itu sendiri memiliki beberapa karakteristik, namun untuk sederhananya disini hanya akan dibahas mengenai pengetahuan dan perilaku yang menjadi karakteristik sebuah pekerjaan. Coba cermati sebuah iklan lowongan kerja, saya ambil contohnya di salah satu media nasional:
Sebuah perusahaan percetakan dan penerbitan nasional yang tengah berkembang membutuhkan : Merchandiser Usia max 30 th D3 Jurusan Perpustakaan, IPK min 3,0 Menguasai Purchasing, Pendisplayan Produk Toko (khususnya toko buku) Pengalaman 3 th di bidangnya Berorientasi hasil & dapat bekerja secara tim
Kalau melihat iklan di atas, kompetensi seperti apa yang kira-kira akan diharapkan oleh perusahaan ini dari seorang Merchandiser? Mari sama-sama kita cermati : • D3 Jurusan Perpustakaan : Mechandiser harus menguasai ilmu-ilmu dan pengetahuan teknis yang dimiliki oleh alumnus D3 Perpustakaan, misalnya : Pengarsipan, pemeliharaan buku, • Menguasai Purchasing : Melakukan pembelian, dari segi perilaku Merchandiser harus bisa tawar-menawar dalam proses pembelian untuk mendapatkan harga yang murah (kompetensi negotiation) • Menguasai Pendisplayan Produk Toko (khususnya toko buku) : Agar display tampil menarik, ia perlu menguasai keahlian mendekorasi toko (decorating store windows), kreatif, menyukai hal-hal baru, mengetahui keinginan dan karakteristik pelanggan (kompetensi : problem solving, continuous improvement & business sense) • Berorientasi Hasil : (kompetensi : achievement drive) • Dapat bekerja secara tim : (kompetensi : teamwork)
Jadi, kompetensi yang akan dicari kurang lebih : • Kompetensi Perilaku : negotiation, problem solving, continuous improvement, business sense, teamwork, achievement drive. • Kompetensi Teknis : Pengetahuan perpustakaan, pengarsipan, pemeliharaan buku serta keahlian mendekorasi toko. Secara teoritis kini anda sudah tahu, namun dari sisi pemahaman anda perlu mengujinya dengan cara : lihat di beberapa situs human resources dan cari definisi kompetensi-kompetensi di atas. Selain itu, jika punya teman, saudara dll yang bekerja di toko buku, jangan segan untuk mengorek informasi mengenai pekerjaan Menchandiser, dengan demikian pemahaman dan kesimpulan yang dibuat menjadi lebih lengkap. bersambung ...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mitra Inspira Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template