Senin, 30 Maret 2009

Keajaiban Krisis

Saya seringkali takjub dengan cara Tuhan bercanda, kreativitas-Nya tidak terbatas (tentu saja!). Bahkan di saat krisis pun kekuatan canda Tuhan sungguh luar biasa. Sayangnya kita, manusia, lebih banyak memelihara buruk sangka (su’uzdhon) dalam menerima canda Tuhan, sulit menumbuhkan rasa ikhlas untuk melihat hikmah yang disiapkan Tuhan dibalik semua kesulitan yang tampak di depan mata kita. Menurut saya, krisis finansial yang tengah melanda dunia termasuk Indonesia juga merupakan bagian dari canda Tuhan untuk membolak-balikkan keadaan, membuka pintu-pintu rezeki bagi siapapun yang memintanya dengan demikian memberi kesempatan si miskin menjadi kaya atau si kecil menjadi besar.
Saya amati, rupanya krisis tidak selalu berdampak buruk, buktinya pelabuhan di Batam malah meraup untung dengan adanya krisis ini. Banyak kapal yang pesan untuk parkir di perairan Batu Ampar, Batam. Dari biasanya hanya 10 kapal per bulan, saat ini sudah ada 200 kapal yang memesan untuk parkir di perairan Batam dengan durasi 1-2 tahun. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Komersil, Kantor Pelabuhan Batam, Heri Kafianto. Menurutnya, harga minyak mentah dunia yang turun membuat para pemilik kapal lebih memilih menunggu.
Di bidang software juga terjadi efek yang tak kalah menariknya, krisis telah membuat banyak perusahaan lebih melirik teknologi dan software untuk membantu menyelesaikan pekerjaan skala besar namun dengan kebutuhan SDM yang relatif lebih sedikit. Para pelaku ICT (Information and Communication) lokal, mendapat ‘’limpahan rezeki’’ dari perusahaan luar negeri karena pelaku ICT di Indonesia tergolong disegani oleh pelaku ICT global, terutama untuk kawasan Asia. Demikian dituturkan Direktur Suteki IT Sulutions, Devid Hardi. Selain kualitas kerja yang dapat diandalkan, biayanya tergolong lebih kompetitif dibandingkan tenaga ICT global. Tidak hanya itu, di bidang perhotelan, ada indikasi penurunan pengunjung di hotel berbintang ke hotel bujet akibat krisis ini. Bahkan tukang reparasi sofa pun dapat mengais rezeki krisis karena ibu-ibu rumah tangga lebih memilih memperbaiki sofa yang sudah ada alih-alih membeli baru.
Pengalaman saya sendiri, krisis-krisis yang harus dilalui telah membuka beberapa peluang yang sungguh telah mengubah masa depan saya. Saat ini pun yang terjadi demikian, beberapa waktu yang lalu saya berbincang dengan karyawan sebuah perusahaan nasional mengenai program cost reduction yang saat ini menjadi perhatian utama pihak manajemennya, dimana semua bujet harus perhitungkan dengan matang, kalau perlu diturunkan seminimal mungkin. Mereka mencari alternatif vendor-vendor baru dengan harga yang lebih kompetitif. Ting! ini peluang buat saya. Tak berapa lama saya pun diminta membuat proposal assessment center oleh sebuah perusahaan yang punya nama besar. Tuh, percaya kan sama saya kalau krisis itu sebuah keajaiban?
Sumber berita : Detik Finance, Krisis Global Bawa Rezeki Bagi Pelabuhan di Batam, Rabu, 26/11/2008 16:07 WIB Republika Online, Krisis Membawa Berkah, Kamis, 18 Desember 2008 pukul 14:10:00 Kontan Online, Rezeki Hotel Bujet Dapat Limpahan Hotel Berbintang, Rabu, 26/11/2008 16:07 WIB

0 komentar:

Posting Komentar

 
Mitra Inspira Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template